5 Tips Menentukan Jasa Pengiriman Terbaik untuk Pelaku UMKM

69 views 2:38 am 0 Comments Maret 16, 2023

Jasa pengiriman menjadi salah satu faktor terpenting, mengingat pengiriman akan dilakukan hingga ke luar kota bahkan antar pulau. Mengikuti perkembangan teknologi, bisnis UMKM juga dapat melakukan penjualan secara online. 

Sebagai pelaku UMKM, mengedepankan kepuasan pelanggan penting dilakukan. Tentunya keluhan pengiriman barang, misal hilang, kondisi rusak, atau sampainya lama sebaiknya dihindari. Sehingga reputasi usaha kamu juga baik di mata pembeli.

Maka pada pembahasan kali ini akan kami berikan beberapa tips memilih jasa maupun layanan pengiriman terbaik. Termasuk harus punya SOP jelas, jangkauan luas, tarif kompetitif, hingga banyak opsi layanan.

Mulai dari SOP Jelas hingga Tarif Kompetitif, Ini Tips Memilihnya

Jasa kirim barang punya perang penting untuk pelaku UMKM online. Karena menjamin kelancaran distribusi produk dengan efisien, tepat waktu, dan aman. Maka coba beberapa tips berikut untuk menentukan jasa terbaik.

  • Sudah Legal dan Punya SOP Jelas¬†

Tentunya perusahaan kirim barang dengan identitas tidak jelas harus kamu hindari. Perlu pastikan bahwa perusahaannya punya legalitas hukum, sehingga seluruh operasionalnya juga berjalan dengan legal.

Lebih baik kalau memastikan alamat perusahaan jelas, baik lokasi cabang maupun agennya. Lebih baik kalau memilih jasa pengiriman yang memang sudah punya nama, salah satu contohnya Lion Parcel.

Yakinkan bahwa SOP atau standar proses operasi dalam pengirimannya jelas. Misal langkah dalam penjemputan, perlakuan di gudang, hingga proses kirim barang sampai berhasil di tangan konsumen.

  • Punya Jangkauan Pengiriman Luas

Jasa pengiriman dengan jangkauan luas menjadi nilai tambah untuk pelaku UMKM. Sehingga dapat mengirimkan ke seluruh pelosok negeri. Tentunya dengan koordinasi baik antar cabang maupun agennya.

Nantinya tidak hanya kota besar seperti Jabodetabek atau pulau Jawa yang dapat terjangkau. Ketika memilih perusahaan dengan jangkauan luas, kamu dapat memperoleh orderan dari luar pulau juga.

  • Tarif Kompetitif

Ongkos kirim menjadi pertimbangan matang bagi pelaku bisnis UMKM. Karena ini menjadi hal yang banyak dipertimbangkan konsumen juga. Mengingat tidak sedikit pembeli yang memutuskan membatalkan pesanan karena ongkir mahal.

Maka jangan lupa pilih jasa pengiriman yang menyediakan tarif kompetitif dibandingkan perusahaan lain. Sebaiknya sediakan beberapa opsi jasa dan tarifnya kepada konsumen, sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan.

  • Banyak Opsi Layanan Pengiriman

Menjalani bisnis UMKM sudah pasti tidak jarang menemukan beberapa kendala dalam memenuhi pemesanan. Misalnya kehabisan bahan baku, rusak alat atau mesin produksi, dan sebagainya yang dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman.

Maka memilih jasa pengiriman dengan banyak opsi layanan juga penting dilakukan. Misalnya Lion Parcel yang memiliki 5 jenis layanan, yaitu JAGOPACK, REGPACK, ONEPACK, INTERPACK, serta BIGPACK.

Nantinya masing-masing layanan tersebut dapat berbeda misal dari segi tarif, lama proses kirim, hingga jangkauannya. Jadi saat menemukan kejadian tidak terduga, kamu bisa pilih layanan dengan pengiriman cepat.

  • Cepat Tanggapi Keluhan dan Aduan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses kirim paket biasanya tidak terlepas dari permasalahan. Misalnya barang rusak hingga hilang, proses lama, kurir dinilai tidak sopan, dan sebagainya.

Sebagai pelaku UMKM, sebaiknya kamu mendukung kepentingan konsumen terhadap keluhan atau aduan tersebut, caranya dengan memilih jasa pengiriman yang cepat dan efektif dalam memberi tanggapan atas keluhan konsumen.

Pada dasarnya dalam melakoni bisnis online, termasuk untuk pelaku UMKM memang memerlukan proses kirim barang paling tepat. Sehingga paket dapat sampai dengan kondisi baik dan tepat waktu, sesuai keinginan konsumen.

Maka penting memperhatikan legalitas perusahaan, SOP yang jelas, hingga tarif kompetitif ketika memilih jasa pengiriman. Jangan lupa pilih perusahaan dengan jangkauan luas, banyak opsi layanan, dan cepat tanggapi keluhan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *