7 Strategi Pengasuhan yang Bisa Menjadi Toxic bagi Anak

191 views 9:45 am 0 Comments Agustus 9, 2021

Setiap orang tua memiliki pola asuh yang berbeda dengan orang tua lainnya. Tapi setiap orang tua perlu menambah pengetahuan pengasuhan. Seiring dengan waktu, beberapa gaya parenting tak efektif mengajarkan anak jadi orang yang disiplin. Sebagian justru memiliki efek buruk atau toxic bagi mereka.

Dilansir dari Times of India, inilah pola asuh yang bisa membuat anak tumbuh tidak percaya diri dan memiliki harga diri yang rendah.

1. Membandingkan

Membandingkan anak dengan saudaranya atau temannya adalah kebiasaan sebagian orang tua. Niatnya mungkin ingin memotivasi, tapi ini justru merusak keunikan anak dan membuatnya tumbuh jadi anak yang rendah diri.

2. Mengabaikan perasaannya

Hanya karena mereka masih kecil, bukan berarti emosi mereka boleh diabaikan. Mengabaikan apa yang mereka rasakan akan membangun suasana negatif atau membuat mereka merasa tidak berharga.

3. Berkata kasar di depan anak

Orang tua sering kali mengungkapkan masalah pribadi atau berkomentar tentang orang lain di depan anak. Jangan pernah lakukan itu. Ingat, anak-anak tidak akan bisa membantu orang dewasa memecahkan masalah tapi hanya membuat mereka tertekan.

4. Berbohong

Membuat cerita bohong di depan anak, atau berusaha membuat mereka percaya pada hal yang sebenarnya tidak pernah terjadi sangat tidak sehat. Ini akan membuat mereka sulit percaya pada orang lain dan berpotensi menciptakan masalah di masa depan.

5. Menyebut mereka manja

Orang tua yang menyebut anak-anak manja karena memiliki barang bagus bisa menjadi racun. Jangan membuat mereka merasa bersalah karena memilikinya.

6. Tidak menjelaskan sebuah keputusan

Jangan menyembunyikan keputusan kepada mereka hanya karena mereka masih kecil. Ajak mereka terlibat dalam diskusi dan jelaskan alasan mengapa harus mengambil keputusan itu. Ini akan membuat mereka merasa terlibat.

7. Mempermalukan anak saat mengajarkan mereka

Membuat anak malu sebagai bentuk hukuman saat mempelajari sesuatu bukanlah ide yang bagus. Gaya pengasuhan ini akan menjadi trauma dan menghambat mereka membangun rasa percaya diri dan harga diri.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.