Beli Mobil Baru Vs Beli Mobil Bekas, Mana Yang Lebih Untung?

217 views 5:45 am 0 Comments Februari 13, 2023

Tahun baru saatnya upgrade beberapa barang Anda, salah satu diantaranya adalah kendaraan. Apalagi di zaman sekarang kendaraan sudah menjadi bagian penunjang untuk masyarakat, apalagi mereka yang tinggal di kota besar dan membutuhkan akses atau punya mobilitas tinggi, maka sebenarnya dengan hadirnya kendaraan akan mempermudah kemana-mana. Lalu sebaiknya pilih yang mana, beli mobil baru atau bekas?

Memang di pasaran sendiri selain kendaraan baru yang ditawarkan lewat showroom atau dealer, sebenarnya Anda juga bisa dengan mudah menjumpai berbagai pilihan produk kendaraan bekas atau second yang dijual di pasaran. Tidak semua kendaraan bekas juga termasuk koleksi lama, tak jarang diantaranya juga produk yang baru rilis, beberapa orang mungkin menjualnya karena sudah tidak butuh lagi atau mungkin tidak kuat membayar cicilannya sehingga kemudian dijual lagi.

Memang hal yang sulit bagi sebagian orang jika ditanya sebaiknya beli mobil baru atau pilih yang bekas saja. apalagi dari segi harga serta kualitas diantara keduanya terkadang juga tidak jauh berbeda. Manakah yang sebenarnya lebih menguntungkan? Agar tidak bingung maka berikut ini diantaranya ada beberapa perbandingannya bagi Anda, yaitu:

  1. Harganya, dari segi harga antara kendaraan yang masih baru dengan yang bekas pakai atau second sudah pasti berbeda. Dimana untuk Anda yang budget atau keuangannya terbatas, lebih dianjurkan membeli kendaraan second saja, setidaknya harga jualnya terbilang lebih murah dibandingkan ketika membeli yang masih baru. Meskipun terkadang ada promo atau potongan harga yang ditawarkan oleh dealer, namun tetap saja tidak jauh dari harga pasaran aslinya. Untuk itu maka harus mengecek kondisi keuangan terlebih dahulu sebelum membelinya.
  2. Depresiasi harga, kendaraan ini bukanlah produk investasi, karena dari tahun ke tahun harganya memang akan senantiasa mengalami penurunan. Untuk itulah maka penting bagi Anda tahu bahwa tingkat depresiasi harga antara kendaraan baru dengan bekas ini berbeda. Kendaraan baru pastinya punya tingkat depresiasi harga yang lebih tinggi ketika ingin dijual kembali. Berbeda ketika beli yang bekas maka Anda akan mendapatkan depresiasi harga yang cenderung lebih rendah.
  3. Pilihan produk, tentunya beli mobil baru lebih banyak pilihan varian yang ditawarkan, apalagi dengan datang langsung ke dealernya, cari yang warna apa saja atau kapasitas berapa saja ada, lebih lengkap jika dibandingkan dengan membeli mobil yang bekas. Karena terkadang Anda tidak dapat menemukan beberapa varian yang diharapkan. Mengingat masih belum ada yang menjual produk tersebut dalam kondisi bekas.
  4. Kondisi kendaraan, tidak bisa dipungkiri jika seandainya kendaraan baru punya kondisi body maupun mesin yang pastinya masih fresh atau bagus, karena belum pernah digunakan sama sekali. Jadi usia hidupnya otomatis juga lebih panjang dibandingkan ketika Anda membeli kendaraan yang sudah pernah dipakai atau second bukan. Bahkan untuk fitur-fitur terbaru yang mungkin sedang Anda cari saat ini mereka pastinya juga punya, dibandingkan dengan pada kendaraan bekas yang sudah termasuk keluaran lama. Tentunya konsumen sendiri akan lebih puas ketika membeli kendaraan baru, karena masih bagus.
  5. Service, kendaraan baru kualitasnya masih bagus, sehingga resiko mengalami masalah juga cenderung lebih rendah. Bahkan sebenarnya dari perusahaan sendiri juga memberikan gratis service dalam jangka waktu tertentu dengan membeli kendaraan yang masih baru tersebut. sehingga dalam waktu garansi ini tak perlu keluar biaya service. Agak berbeda jika dibandingkan dengan kendaraan bekas, dimana karena sudah cukup lama terkadang sudah mulai ‘sakit-sakitan’ mau tidak mau tentunya pemilik juga harus keluarkan biaya untuk kebutuhan service bukan, dimana nilainya mungkin juga tidak bisa dikatakan kecil atau sedikit.

Sekarang ini beli mobil baru  juga bisa lebih mudah lewat Moladin, karena mereka tidak hanya menjual mobil bekas saja, melainkan juga kendaraan baru paling lengkap dan bisa dibeli dari mana saja. beli lewat Moladin ini ada banyak keuntungannya, apalagi jika dilihat sendiri sebenarnya mereka juga sudah bekerjasama dengan banyak lembaga pembiayaan, jadi bagi yang ingin membeli sistem kredit juga tidak masalah, bisa lewat Moladin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *