Ciri-ciri Hamil Anak Kembar yang Agak Berbeda

170 views 5:05 am 0 Comments November 17, 2021

Kehamilan menimbulkan gejala tertentu pada ibu, dari mual, berat badan bertambah, sampai nyeri payudara. Gejala ini muncul karena adanya perubahan hormon. Beberapa ciri-ciri hamil ini mungkin agak berbeda ketika mengandung anak kembar.

Banyak perempuan yang mengalami kehamilan kembar melaporkan bahwa mereka mengalami hal yang agak berbeda, bahkan sebelum mereka tahu pasti. Di sisi lain, bagi banyak orang, kehamilan kembar bisa mengejutkan karena tanda-tandanya sama sekali tidak berbeda dengan kehamilan biasa.

Berikut beberapa tanda yang sedikit berbeda saat hamil kembar menurut laman WebMD.

1. Mual berlebihan

Peningkatan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) dapat menyebabkan rasa mual yang tidak hanya datang di pagi hari. Beberapa orang yang hamil bayi lebih dari satu melaporkan mengalami tingkat mual yang lebih tinggi di pagi hari, atau mual di pagi hari yang berlangsung lebih lama selama hamil. Mungkin sulit untuk menetapkan penyebab mual di pagi hari karena berbeda pada setiap orang bahkan di setiap kehamilan

2. Kelelahan

Peningkatan kadar hormon, bersama dengan kemungkinan masalah seperti gangguan tidur dan peningkatan buang air kecil, dapat mengganggu istirahat. Memang tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apakah kelelahan ini terjadi karena mengandung satu bayi atau lebih.

Tapi kelelahan yang ekstrem mungkin merupakan tanda kehamilan kembar. Jika mengalaminya, berusahalah mendapat istirahat cukup misalnya dengan memindahkan waktu tidur lebih awal, tidur siang jika memungkinkan, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyenyak.

3. HCG tinggi

Human chorionic gonadotropin (hCG) adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh selama kehamilan. Selain melalui tes mandiri dengan testpack, keberadaan hormon ini bisa diketahui melalui tes darah. Sebuah studi 2018 menunjukkan bahwa orang yang hamil lebih dari satu mungkin memiliki jumlah hCG yang lebih tinggi dari yang lainnya.

4. Detak jantung kedua

Detak jantung bayi dapat didengar di usia 8 sampai 10 minggu menggunakan doppler janin. Jika dokter atau bidan merasa mendengar detak jantung kedua, mungkin diperlukan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah itu kehamilan kembar atau bukan.

5. Gerakan lebih awal

Biasanya gerakan bayi baru dirasakan sekitar usia 18 minggu kehamilan, jadi ini bukan tanda awal. Tapi hamil bayi kembar memungkinkan gerakan ini muncul sedikit lebih awal.

6. Pertambahan berat badan

Pada trimester pertama kehamilan, kenaikan berat badan cenderung relatif rendah. Kenaikan berat badan terjadi lebih cepat pada trimester kedua, terlepas dari apakah sedang hamil kembar atau tunggal. Tapi untuk yang hamil kembar, kenaikan ini mungkin lebih tinggi karena nafsu makan yang juga meningkat.

Meski muncul ciri-ciri hamil kembar, cara terbaik untuk memastikannya adalah melakukan pemeriksaan USG. Sebagian besar dokter menjadwalkan pemeriksaan ini di usia kehamilan 6 hingga 10 minggu untuk mengonfirmasi kehamilan dan mengetahui kondisinya.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.