Ketahui Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

16 views 8:17 am 0 Comments Mei 17, 2024

Kenali ciri ciri anak kecanduan gadget atau gawai dan cara mengatasinya dalam artikel ini. Di era modern saat ini, perkembangan teknologi semakin cepat berkembang. Tak hanya dibutuhkan untuk orang dewasa, sejumlah anak pun sudah memiliki handphone untuk diakses.

Hal positifnya, pengenalan gadget pada anak dapat membantu menstimulasi imajinasi, membantu memperbaiki kemampuan mendengar, mempelajari suara suara dan bicara, serta dapat membantu daya pikir strategi anak. Meski begitu, pengawasan orang tua juga penting dilakukan. Bila digunakan secara berlebihan maka akan membawa dampak negatif bagi si anak.

Dikutip dari situs Kemenkes , ketergantungan gadget akan membuat anak lupa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga, berdampak bagi psikologis terutama krisis percaya diri pada anak. Pelatih Filipina Diancam Dibunuh Jelang vs Timnas Indonesia, Menpora: Diproses Hukum Wartakotalive.com

Banyak anak yang lebih memilih bermain gadget ketimbang bermain dengan teman. Lantas, apa ciri ciri anak yang kecanduan gadget? Dokter anak di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta, Ardi Santoso, mengungkapkan ciri ciri anak yang kecanduan gadget.

Seperti anak akan bermain dengan gadgetnya selama berjam jam. Tentu hal tersebut, perlu diingatkan dan dicegah sebelumnya. Parahnya, bila sang anak terlalu sering menggunakan HP maka bisa mengalami gangguan tidur, hingga depresi.

"Bisa gangguan tidur,kecemasan, panik, sulit tidur, gangguan konsentrasi bahkan sampai depresi," ungkapnya. Lalu, apa ada hubungan antara peningkatan depresi dengan kecanduan HP? Dr. Ardi pun menjelaskan, ada hubungannya antar keduanya lantaran penggunaan HP yang disalahgunakan.

"Tentu ada (hubungan depresi dengan kecanduan HP) apalagi sekarang gadget sudah mulai disalahgunakan atau dikenalkan sebelum usia 3 tahun," ungkapnya. Lebih lanjut, Ardi menjelaskan terkait tips mengatasi kecanduan gadget pada anak. Apalagi ketika si anak merengek saat HPnya diminta.

Lantas, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, yakni tidak mengenalkan sebelum waktunya. Menurut dr Ardi, waktu yang digunakan bagi anak sesudah 3 tahun untuk penggunaan gadget itu hanya 30 menit, dengan pendampingan. Kemudian, ⁠jam penggunaan diatur.

"Perbanyak aktivitas luar biar dia happy dan senang walau tanpa gadget. Jangan menggunakan gadget saat dalam perjalanan, ganti dengan aktivitas bermain puzzle dan sebagainya," beber Ardi. "Jangan menggunakan gadget saat bersama orang lain, libatkan dia (anak) dalam pembicaaraan biar happy ," lanjut seorang dokter spesialis anak tersebut. Sementara itu, supaya anak terhindar dari dampak buruk tersebut, berikut langkah langkah yang bisa kita terapkan untuk mengatasi kecanduan gadget, dilansir situs Kemenkes :

1. Orang tua adi contoh yang baik untuk anak 2. Batasi dan awasi penggunaan gadget pada anak 3. Buat aktivitas menyenangkan bersama anak

4. Tetapkan wilayah bebas gadget di rumah 5. Beri tahu anak bahaya menggunakan gadget terlalu lama 6. Berikan mainan yang sesuai usia anak.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *