Lirik Sholawat Jibril dan Keutamaannya

200 views 1:41 am 0 Comments April 11, 2023

Sholawat Jibril mempunyai banyak keutamaan, seperti mendatangkan rezeki serta mengabulkan doa. Bagaimana bacaan sholawat Jibril? Umat Islam pasri sudah tidak asing dengan sholawat Jibril.

Banyak orang mencari Lirik Sholawat Jibril setelah viral di TikTok yang dinyanyikan beberapa penyanyi religi Indonesia. Walau sering mendengar Sholawat Jibril dilantunkan, banyak orang masih belum paham mengenai doa kepada Allah ini untuk Nabi Muhammad serta keluarga dan para sahabatnya.

Sholawat Jibril merupakan salah satu doa pendek dari nabi. Sholawat ini dinamakan sholawat Jibril sebab yang pertama kali membacakan sholawat ini ialah malaikat Jibril ketika mengajarkan Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Jibril ini juga sangat sering diamalkan umat Islam sebab mempunyai sarat makna dan bacaan yang singkat. Sholawat Jibril bisa anda baca di waktu senggang sebanyak 1000 kali.

Bacaan Sholawat Jibril

“Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Meskipun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa membaca doa Jibril sebanyak 1000 kali, tidak sedikit ahli yang mengatakan bahwa umat Islam bisa membaca doa Jibril sesuai dengan kemampuannya.

  • Lirik Sholawat Jibril versi panjang

Shallallahu ‘ala Muhammad

Shallallah alaihi wasallam

Shallallah ala muhammad

Shallallah alaihi wasallam

Anta Syamsun Anta Badrun

Anta nunun fauqo nurin

Anta Syamsun Anta Badrun

Anta nunun fauqo nurin

Anta iksiirun wa ghoolii

Anta mishbaahush-shuduuri

Ya habiiii Ya Muhammad

Ya ‘Aruusal-khoofiqoini

Ya Mu-ayyad ya Mumajjad

Ya Imamal Qiblataini

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

  • Pertama, akan membuka 70 pintu rahmat untuk yang rutin membacanya.

Seperti yang dikatakan Imam Syaroni, Rasulullah bersabda: Barangsiapa membaca shalawat Jibril, maka ia sudah membukakan 70 pintu rahmat bagi dirinya, dan Allah akan menaruh cinta-Nya di hati manusia supaya mereka tidak marah kepadanya. Kecuali mereka yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.

  • Kedua, Anda bisa melihat Nabi Muhammad saw dalam mimpi.

Diriwayatkan oleh As-Sakhari, ada seorang pria Suriah yang datang kepada Nabi Muhammad bahwa ayahnya sudah tua dan buta namun ingin melihatnya. Maka dianjurkan untuk membaca shalawat Jibril. Kemudian dia bisa melihat Nabi Muhammad dalam mimpinya, dan bahkan bisa meriwayatkan hadis darinya.

  • Ketiga, memperoleh kebaikan dan dilenyapkan dari segala kejahatan.

Salah satu manfaat membaca shalawat Jibril ialah selalu memperoleh kebaikan, diangkat derajatnya serta dijauhkan dari segala keburukan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: Barang siapa yang berdoa kepadaku satu kali, niscaya Allah akan memberkahinya sepuluh kali lipat, menghilangkan sepuluh keburukan darinya, dan mengangkat derajatnya.

  • Keempat, membuka pintu rezeki dari semua arah.

Shalawat Jibril juga mempunyai keutamaan mendatangkan rezeki dari arah manapun. Nabi Muhammad bersabda, “Barangsiapa yang membaca sholawat Jibril 5.000 kali setelah shalat Dhuha, maka Allah akan mencukupkan kebutuhan dan rezeki akan datang kepadanya.

Walaupun bacaan sholawat Jibril singkat, namun terdapat banyak keistimewaan yang luar biasa jika dengan rutin membacakannya. Keistimewaan sholawat Jibril seperti rezeki bisa dimudahkan dan hajat anda juga akan dimudahkan.

Para ulama menyebutkan bahwa seseorang perlu mengamalkan bacaan shalat Jibril sebanyak 1.000 kali sesudah melaksanakan shalat Maghrib. Selain itu, sholawat ini juga bisa dibaca sebanyak 3.333 kali sehari, atau 7.000 – 10.000 kali.

Semakin banyak orang mengamalkan shalat Jibril, maka Allah SWT akan melimpahkan kepadanya banyak manfaat yang baik bagi yang mengamalkannya.

Baca lebih banyak Berita Trending di Indonesia hanya di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *