Penyebab Telapak Kaki Terasa Sakit Disertai Nyeri

144 views 4:04 am 0 Comments Juli 7, 2022

Umumnya, penyebab telapak kaki sakit disertai nyeri terjadi karena adanya gangguan sistem gerak, yaitu masalah kesehatan yang mengganggu sistem rangka atau sistem otot manusia. Biasanya penyebab nyeri pada telapak kaki dan bagian kaki lainnya muncul karena penggunaan kaki yang tidak tepat.

Salah satunya mungkin disebabkan oleh penggunaan sepatu dengan ukuran yang salah. Pasalnya, ukuran sepatu yang pas dengan kaki akan memberikan penyangga yang tepat untuk mencegah iritasi pada persendian dan kulit di area kaki.

Namun, selain itu, masih banyak kondisi lain yang bisa menyebabkan berbagai bagian area kaki terasa perih. Pada sebagian besar kasus, saat kaki, termasuk telapak kaki, tumit, jari kaki, hingga betis, terasa sakit, penyebabnya bisa berbagai kondisi, mulai dari yang ringan hingga yang serius. Berikut beberapa penyebab rasa nyeri kaki yang harus Anda waspadai.

Apa Saja Penyebab Telapak Kaki Terasa sakit Disertai Nyeri?

  • Berdiri terlalu lama memakai sepatu hak tinggi

Berdiri terlalu lama, misalnya 10 jam atau lebih dalam sehari membuat telapak kaki bekerja berlebihan. Apalagi jika Anda menggunakan sepatu hak tinggi. Dalam keadaan normal, kaki akan bertindak seperti pegas yang berfungsi untuk menyerap goncangan akibat beban berat dan menjadi bantalan tulang.

Akibat pemakaian sepatu hak tinggi, seluruh beban beban akan bergerak maju, hanya bertumpu pada tulang-tulang jari kaki yang kecil dan rapuh. Semakin tinggi tumit Anda, semakin besar efeknya. Inilah yang menyebabkan telapak kaki hingga tumit sering terasa pegal.

  • Cedera atau keseleo

Keseleo pergelangan kaki atau cedera otot dapat menyebabkan rasa nyeri pada kaki. Kondisi ini terjadi karena peregangan ligamen, pembuluh darah yang mengikat tulang. Tentu saja, peregangan yang terjadi cukup keras hingga menyebabkan ligamen terpelintir dan robek.

Biasanya, gerakan memutar hingga perubahan posisi mendadak saat berolahraga, jatuh, atau mengalami kecelakaan bisa menyebabkan keseleo.

  • Bunion

Bunion adalah pembesaran tulang atau jaringan di sekitar sendi di pangkal jempol kaki. Jika bunion tumbuh, jempol kaki bisa menekan jari kaki lainnya. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit jika Anda memakai sepatu.

Meskipun faktor genetik atau cacat bawaan mungkin berperan dalam munculnya bunion, dalam banyak kasus, kondisi ini selalu dikaitkan dengan pemakaian sepatu yang buruk. Apalagi jika Anda sering menggunakan sepatu yang terlalu sempit.

  • Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada persendian yang menyerang bursae, yaitu bagian dari persendian berupa kantung berisi cairan yang berfungsi sebagai bantalan bagi tulang, tendon, dan otot di sekitar persendian. Kondisi ini terjadi ketika terjadi peradangan pada bursae.

Bursitis dapat terjadi di bahu, siku, dan pinggang. Namun, Anda juga bisa mengalaminya di lutut, tumit, dan pangkal jempol kaki yang menyebabkan rasa sakit. Karena itu, jika Anda menderita radang kandung lendir, jari kaki, area telapak kaki, hingga tumit juga bisa terasa perih.

  • Rematik

Rheumatoid arthritis, juga dikenal sebagai rematik, adalah peradangan kronis yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda, termasuk telapak kaki Anda. Ya, kondisi ini menyebabkan nyeri otot, kekakuan, dan pembengkakan pada persendian.

Sendi yang paling sering terkena adalah tangan, pergelangan tangan, lutut, serta kaki. Rematik yang menyerang pinggul, lutut, atau kaki bisa membuat Anda sulit membungkuk, berdiri, bahkan berjalan.

 

Nyeri pada persendian cenderung datang dan pergi. Namun, gejala biasanya memburuk di pagi hari setelah bangun tidur dan setelah duduk lama. Orang yang berusia di atas 40 tahun lebih beresiko terkena rematik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *