Tips Memilih Aplikasi Akuntansi untuk UMKM

65 views 3:23 am 0 Comments Juli 11, 2022

Salah satu prioritas utama Anda sebagai pemilik usaha kecil adalah mengawasi uang yang Anda hasilkan dan bayar, itulah mengapa penting untuk memiliki aplikasi UMKM akuntansi yang tepat.

Anda memerlukan program yang membantu Anda menyelesaikan tugas akuntansi harian untuk mencatat pembayaran, melacak pengeluaran, menagih pelanggan, dan mendamaikan transaksi serta memberi Anda wawasan tentang kesehatan keuangan bisnis.

Faktor Apa yang Harus Anda Cari Dalam Aplikasi Akuntansi UMKM?

  • Akses Multi-Pengguna

Sebagian besar aplikasi akuntansi memungkinkan Anda mengundang pengguna lain ke sistem dan mengontrol data yang dapat mereka lihat dan tugas yang dapat mereka akses. Misalnya, Anda ingin memberikan akses penuh kepada mitra bisnis dan akuntan Anda.

Sementara hanya mengizinkan karyawan Anda menggunakan sistem untuk melacak waktu serta faktor pelanggan mereka. Beberapa aplikasi akuntansi memungkinkan Anda dapat mengundang banyak pengguna tanpa biaya tambahan.

Yang lain menyediakan akses gratis tetapi mengharuskan Anda untuk berlangganan paket harga yang lebih tinggi atau membayar ekstra jika Anda ingin menambahkan pengguna lain ke sistem.

  • Aplikasi Berbasis Cloud dan Akses Seluler

Sebagian besar aplikasi akuntansi UMKM saat ini berbasis cloud, sehingga Anda dapat mengakses akun Anda kapan saja, di mana saja dari komputer mana pun dengan akses internet, ini membantu Anda menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, baik di rumah maupun saat liburan.

Banyak juga yang menawarkan aplikasi akuntansi berbasis seluler untuk membantu Anda melacak informasi penting dan menyelesaikan tugas inti saat bepergian. Beberapa menawarkan aplikasi terpisah untuk karyawan yang memiliki fitur terbatas seperti waktu pelacakan dan pengiriman tanda terima pengeluaran.

Kemampuan aplikasi seluler berbeda-beda, jadi jika ini merupakan fitur penting bagi Anda, pastikan fitur tersebut memiliki fungsi yang Anda butuhkan. Fitur Akuntansi Apa yang Anda Butuhkan? aplikasi akuntansi menawarkan banyak fitur dan alat untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda.

Tentunya ini harus memenuhi kebutuhan bisnis Anda, sehingga memudahkan untuk menyelesaikan tugas-tugas akuntansi rutin. Ini juga dapat membantu Anda melihat gambaran besar tentang kinerja bisnis.

Banyak pemilik bisnis mengatakan bahwa kemudahan penggunaan dan fitur hemat waktu adalah dua hal utama yang mereka cari dalam sebuah program. Berikut adalah beberapa fitur yang harus dimiliki aplikasi atau perangkat lunak akuntansi untuk membantu Anda menghemat waktu dan mengelola keuangan Anda dengan lebih baik:

  • Fitur Akuntansi Dasar

Sebagian besar usaha kecil dapat memperoleh manfaat dari perangkat lunak akuntansi yang menawarkan fungsi dasar seperti pembuatan faktur dan email, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pembuatan laporan keuangan, dan manajemen pelanggan.

Namun, jika bisnis Anda menjual lebih dari beberapa produk, Anda juga perlu menggunakan aplikasi akuntansi yang memiliki fitur untuk mengelola inventaris, mengelola vendor, dan membantu Anda dengan pesanan pembelian.

  • Otomatisasi Penghematan Waktu

Beberapa aplikasi atau perangkat lunak akuntansi dapat diatur untuk secara otomatis mengirim faktur berulang dan pemberitahuan lewat waktu, menghemat waktu Anda dalam tugas pembuatan faktur dan piutang.

Anda juga bisa menghemat waktu untuk merekonsiliasi akun Anda dengan memeriksa transaksi yang cocok. Jika bisnis Anda memberikan penawaran atau taksiran kepada pelanggan, cari program yang mengubah dokumen ini menjadi faktur hanya dengan beberapa klik.

Jika bisnis Anda melakukan inventaris dan manajemen stok, cari aplikasi yang mampu menyusun ulang produk dengan membuat pesanan pembelian secara otomatis saat item turun di bawah ambang batas yang ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.