Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

68 views 2:48 pm 0 Comments November 30, 2022

Di musim hujan seperti ini, pemilik kendaraan perlu merawat kendaraannya dengan lebih telaten selain service rutin. Khususnya, jika Anda setiap hari bepergian dengan mobil dan sering kehujanan. Penting diketahui, bahwasanya air hujan mengandung asam dan tidak bagus untuk kendaraan sebab telah tercampur dengan limbah maupun partikel kotoran yang berada di jalan. Mobil yang sering kehujanan dan dibiarkan begitu saja pasti akan bermasalah. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

 

Segera Keringkan Mobil

Setelah mobil Anda kehujanan di jalan, ada baiknya untuk segera dikeringkan sesampainya di rumah dan jangan menunggu sampai kering sendiri. Air hujan yang dibiarkan mengering justru bisa membuat lapisan cat pada bodi mobil jadi cepat rusak. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah kemunculan karat dan jamur di lapisan cat.

 

Rajin Bersihkan Kaca Depan Mobil

Bagian lain yang perlu rutin dibersihkan ketika memasuki musim hujan adalah kaca depan. Untuk mempertahankan kaca depan supaya tetap jernih dan bersih, Anda perlu melakukan beberapa langkah cerdas. Mulai dari menyalakan AC mobil pada suhu tidak terlalu dingin saat hujan dan membersihkan kaca depan sesudah bepergian.

 

Rutin Cek Komponen Mesin

Setiap mobil pasti memiliki celah-celah yang bisa menjadi jalan masuk air ke dalam bagian mesin. Apabila mobil Anda kehujanan, pastikan untuk selalu mengecek komponen mesin dan memastikan tidak ada gangguan. Dalam banyak kasus, komponen mesin seringkali terganggu akibat air hujan dan membuatnya mogok.

 

Bersihkan Karpet Mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan berikutnya adalah rajin membersihkan karpet. Seperti yang kita tahu, pengendara biasanya sudah dalam kondisi basah sebelum masuk ke dalam mobil akibat kehujanan. Air yang dibiarkan menggenang pastinya mudah sekali memicu bau tidak sedap dan memunculkan jamur pada karpet. Supaya hal tersebut bisa diminimalisir, cucilah karpet Anda setidaknya satu kali dalam seminggu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *