Upaya PAFI Mappi dalam Mewujudkan Solidaritas Tenaga Ahli Kefarmasian

148 views 1:00 am 0 Comments Juni 23, 2024

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran organisasi di bidang kefarmasian seperti PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) berperan penting. Pafimappi yang merupakan cabang PAFI pusat terus memberikan kontribusi besar baik di masyarakat dan tentunya ahli farmasi.

Organisasi ini berupaya pada penyuluhan di bidang kesehatan serta peningkatan keterampilan tenaga ahli kefarmasian terus dilakukan. Berkat kehadirannya ini, diharapkan membuat tenaga ahli kefarmasian bisa bergabung.

Apa Itu PAFI?

PAFI adalah organisasi yang berdiri pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta oleh Bapak Zainal Abidin. Pendiriannya dilakukan karena banyak ahli farmasi yang tercatat sebelum kemerdekaan Indonesia. Para apoteker ini membantu dokter mulai dari zaman kolonial.

PAFI sudah menjadi organisasi tertua di Indonesia yang beranggotakan Asisten Tenaga Ahli Teknis Kefarmasian dan juga Tenaga Ahli Kefarmasian. Sampai sekarang, pada 13 Februari menjadi Hari Persatuan Farmasi yang selalu dirayakan oleh tenaga di dunia farmasi.

Berbagai Upaya PAFI Mappi untuk Masyarakat dan Anggota

Menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 sesuai pada visi misinya, PAFI bukan hanya mempunyai tugas untuk menyejahterakan anggotanya namun juga masyarakat. Bagi PAFI cabang Mappi, visi dan misi PAFI merupakan tugas besar yang harus diwujudkan. Selama berdiri, banyak upaya yang dihadirkan seperti:

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

Dunia kesehatan yang selalu berkembang membuat orang yang bekerja di dalamnya harus mempunyai kompetensi yang seimbang.  Untuk mengimbangi hal ini, hampir setiap tahunnya PAFI Mappi selalu mengadakan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk ahli farmasi dan apoteker.

Pelatihan di bidang regulasi obat, teknologi farmasi terbaru, praktek farmasi klinis menjadi tema-tema yang sering diangkat. Harapannya supaya tenaga ahli kefarmasian di wilayah Mappi bisa mengikutinya dengan baik.

Kampanye Edukasi Penggunaan Obat

Penggunaan obat di masyarakat juga menjadi fokus utama sebab tidak sedikit penggunaannya yang tidak sesuai kebutuhan. Contohnya penggunaan antibiotik tanpa resep dokter yang beresiko bagi kesehatan.

Dalam hal ini PAFI Mappi terus melakukan kampanye untuk mengedukasi masyarakat mengenai penggunaan obat yang benar. Kampanye dilakukan melalui brosur yang disebarkan di apotek serta peringatan di media sosial. Harapannya supaya masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

Pemeriksaan Gratis bagi Masyarakat Kurang Mampu

Upaya dari PAFI Mappi juga diwujudkan dengan mengadakan pemeriksaan gratis untuk masyarakat kurang mampu. Termasuk pemeriksaan kesehatan lansia yang penting dilakukan. Tidak menjalankan perannya sendiri, PAFI terus bekerja sama dengan rumah sakit atau puskesmas setempat untuk mengadakan pemeriksaan gratis. Masyarakat dapat mengecek tekanan gula darah, kolesterol dan konsultasi dengan dokter juga apoteker secara langsung.

Seminar Kefarmasian

Bukan hanya pelatihan bagi Tenaga Ahli Kefarmasian, seminar menjadi agenda rutin PAFI Mappi dalam meningkatkan pengetahuan akan farmakologi di tengah masyarakat. Seminar yang sering diadakan oleh organisasi ini tentu berhasil menarik perhatian peserta mulai dari mahasiswa, karyawan dan berbagai profesi lainnya.

Program seminar menjadi langkah edukasi yang penting untuk masyarakat secara langsung. Berkat seminar ini, PAFI Mappi menjadi lebih paham sejauh apa tingkat pemahaman masyarakat akan penggunaan obat.

Masih banyak lagi upaya yang sudah dan akan dilakukan oleh PAFI Mappi yang memerlukan dukungan masyarakat serta Tenaga Ahli Kefarmasian. Oleh sebab itu, semua Tenaga Ahli Kefarmasian yang ada di diharapkan untuk bergabung dengan PAFI Mappi.

Masyarakat yang tidak ingin ketinggalan informasi dan agenda dari PAFI Mappi bisa mengakses website resminya. Semua aktivitas terbaru seperti pelatihan, seminar serta kampanye kefarmasian bisa diakses dengan mudah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *